12 September 2009

Akhlak Rosulullah SAW

Sejarah tak mampu mengingkari betapa indahnya akhlak dan budi pekerti rasullulah tercinta, Sayyidina Muhammad Sholallohu 'alaihi wasalam hingga salah seorang isteri beliau, Sayyidatina A'isyah Rodiyahllahuanha mengatakan bahwa akhlak Rasullulah adalah "Al-Qur'an". Tidak perkataan Rasullulah merupakan implementasi dari hawa nafsu beliau, melainkan adalah berasal dari wahyu illahi. Begitu halus dan lembutnya perilaku keseharian beliau.

Rasulullah SAW adalah sosok yang mandiri dengan sifat tawadhu' yang tiada tandingnya. Beliau pernah menjahit sendiri pakaiannya yang koyak tanpa harus menyuruh isterinya. Dalam berkeluarga, beliau adalah sosok yang ringan tangan dan tidak sgan-segan membantu pekerjaan isterinya di dapur. Selain itu dikisahkan bahwa beliau tidak merasa canggung makan disamping orang tua yang penuh kudis, kotor lagi miskin. Beliau sosok yang paling sabar dimana ketika itu pernah kain beliau ditarik oleh seorang Badui hingga membekas merah dilehernya, namun beliau hanya diam dan tidak marah.

Teramat Agung pribadi Rasullulah SAW sehinnga para sahabat ditanya oleh seorang Badui tentang akhlak beliau SAW hanya mampu menangis karena tak sanggup untuk menggambarkan akhlak mulia beliau SAW. Beliau diutus tidak lain untuk menyempurnakan akhlak manusia dan sebagai suri tauladan yang baik sepanjang zaman. Cukup kiranya beliau menjadi suri tauladan kita, umat islam khususnya yang hari ini sebagaian sudah sangat jauh dari akhlak Rasullulah, baik daam tindakan maupun perkataan yang menyejukkan.

Apa yang dikatakan oleh seorang sastrawan Pakistan, Muhammad Iqbal dalam satu karyanya dapat kita jadikan renungan bersama dimana beliau berkata : " Barangsiapa yang mengaku umat Nabi, Muhammad, hendaklah berakhlak seperti beliau (Nabi Muhammad)". Setiap gerak, sikap dan sifat Rasulullah SAW sehari-hari merupakan tauladan yang sangat baik yang dibtuhkan setiap manusia dalam menjalankan hidup sebaik-baiknya. Suatu sikap hidup yang disukai oleh makhluk-makhluk juga sang Pencipta.

0 komentar:

Posting Komentar