06 Januari 2011

Sentuhan Opera untuk Tablet dan Netbook


JAKARTA - Opera mungkin hanya bercokol sebagai juru kunci dalam peringkat lima peramban desktop terpopuler di dunia. Namun, tidak demikian halnya dengan versi mobile-nya.


Dua produk Opera yang diperuntukkan bagi pengguna ponsel dan smartphone, Opera Mini dan Opera Mobile, menduduki papan atas dalam jajaran peramban mobile paling top.

Pasalnya, segala feature yang ditawarkan memang lebih menarik dan memudahkan dibanding peramban bawaan ponsel pada umumnya. Terutama, sejak feature populer seperti Speed Dial, Copy/Paste, dan Download Manager diadopsi ke dalamnya.

Kini, Opera kembali melebarkan portofolio produk peramban mobile-nya. Melihat tren pasar PC tablet yang semakin bergelora tahun ini, mereka telah mempersiapkan versi peramban khusus untuk sabak digital tersebut. Rencananya, Opera untuk tablet ini akan dipratinjaukan (preview) kepada publik pada perhelatan CES 2011 di Las Vegas, AS.

[Opera untuk tablet sudah mengadopsi Speed Dial pada layar utama.] Sebagai ancang-ancang, Opera telah mengunggah satu video pendek ke YouTube. Di dalamnya, terlihat peramban yang dijalankan pada sebuah tablet Android. Layar awalnya memuat Speed Dial sebagai ciri khas Opera. Kemudian, didemokan pula kemampuan pinch-to-zoom (cubit untuk memperbesar/memperkecil) tampilan. Fungsionalitas ini juga dapat dinikmati melalui PC netbook yang berlayar sentuh.

Keputusan untuk membuat peramban khusus tablet merupakan bentuk terobosan Opera di dunia perangkat bergerak. Apalagi, menurut Christen Krogh (Chief Development Officer, Opera Software), “Pada tahun 2011, tablet merupakan perangkat baru yang wajib dimiliki.”

[Tampilan bisa di-zoom in/out dengan sentuhan jari.] Belum diketahui nama dan waktu resmi peluncuran Opera untuk tablet ini. Yang pasti, akan sangat menarik menunggu kiprahnya dalam mengulangi sukses Opera Mini dan Opera Mobile. Atau mungkin, menyamai rekor Opera 11 (versi terbaru untuk desktop) yang mencatatkan 6,5 juta unduhan dalam waktu satu hari pada saat diluncurkan, 16 Desember 2010 lalu.

Oh ya, review tentang Opera 11 sudah bisa Anda baca di majalah InfoKomputer edisi Januari 2011, lho.(InfoKomputer)

0 komentar:

Posting Komentar