23 Oktober 2009

Pesta Blogger 2009, Tak Sekedar Kopi Darat




JAKARTA - "One Spirit One Nation", demikian tema Pesta Blogger tahun ini. Tanpa terasa, ajang temu nasional blogger di Indonesia ini telah menginjak tahun ketiga, sejak diselenggarakan pertama kali pada tahun 2007 silam. Pesta tahunan ini akan mempertemukan para blogger dari berbagai daerah dan komunitas blog di seluruh Indonesia. Tak ayal, sekitar 1500 blogger akan ikut ambil bagian dalam acara yang akan dilangsungkan pada tanggal 24 Oktober di Jakarta ini. Dari jumlah tersebut, termasuk juga para blogger dari mancanegara.


"One Nation One Spirit menjadi pilihan tema pada pesta kali ini karena meskipun latar belakang masing-masing dari kita berbeda, namun kita tetap satu bangsa. Misalnya saat pemilu kemarin. Meskipun kita memiliki pilihan partai yang berbeda, tapi tetap satu bangsa. Belum lagi dengan gempa di Padang yang belum lama terjadi, diharapkan melalui ajang ini dapat menunjukkan bahwa kita satu spirit," kata Enda Nasution (Bapak Blogger Indonesia) saat acara jumpa wartawan pada Kamis (22/10) di Jakarta.


Enda menjelaskan bahwa terdapat sepuluh kriteria blog yang dikompetisikan. Di antaranya adalah catatan harian, blog baru, fashion, hiburan, olahraga, makanan, TI, travelling, foto, dan sosial politik. "Ada satu lagi, yaitu kategori lain-lain, ini untuk blog yang belum termasuk dari kesepuluh kategori tersebut," imbuh Enda. Dari masing-masing kategori dipilih 100 blog terbaik, selanjutnya disaring lagi menjadi 5 blog untuk masing-masing kategori. Nah, voting masing-masing kategori dilakukan secara online dan akan diumumkan pada tanggal 24 Oktober, pada saat Pesta Blogger berlangsung.


Ketika ditanya mengenai Menkominfo yang baru, Enda mengaku dirinya tak mengkhawatirkan hal itu. Enda juga menyebutkan untuk jangan berpikiran buruk dahulu. "Kita lihat saja bagaimana kebijakannya (Menkominfo). Dengan melihat contoh pertumbuhan jumlah blogger setidaknya menandai kemajuan kebebasan bersuara dan berekspresi di Indonesia," tukas Enda. (Indah PM-Infokomputer)

0 komentar:

Posting Komentar